Sekilas Sanghyangseri

Pasar Benih

 Pasar benih PT Sang Hyang Seri (Persero) saat ini dibagi menjadi 3 yaitu :

a.       Pasar PSO (Public Service Obligation), terdiri dari pasar :

1. Pasar Subsidi, adalah pasar program pemerintah dimana PT. SHS sebagai pelaksana penyaluran subsidi. Subsidi benih yang diberikan pemerintah adalah subsidi terhardap harga benih yang di beli oleh petani penerima subsidi melalui usulan pembelian benih (DUPBB). Harga dan jumlah pada pasar subsidi telah ditentukan oleh Kementrian Pertanian.

2. Pasar CBN (Cadangan Benih Nasional), adalah pasar program pemerintah dimana PT. SHS sebagai pengelola CBN. Penjualan CBN adalah pada saat pemerintah meminta PT. SHS untuk mengadakan benih CBN pada tahun berjalan untuk meningkatkan stock CBN milik pemerintah, sedangkan perawatan dan distribusi CBN bukan merupakan proses penjualan tetapi merupakan penugasan perawatan dan distribusi yang dibiayai oleh pemerintah. Harga dan jumlah pada pasar CBN telah ditetapkan oleh Kementrian Pertanian.

b.      Pasar Retail, yang terdiri dari :

1. Pasar penyalur/ distributor, adalah sasaran pasar dengan jumlah pembelian yang terencana dan dalam jumlah besar, sehingga pasar distributor mendapatkan harga yang relative lebih rendah dari pasar lainnya.

2. Pasar Kios/pengecer, adalah sasaran pasar dengan jumlah terbatas dan waktu sesuai dengan kebutuhan. Pasar kios/pengecer dikembangkan untuk mendukung pasar distributor/penyalur.

3. Pasar SHSShop/ SHSMart, adalah pasar yang dikelola langsung oleh PT. SHS, baik jumlah, jenis ataupun harganya. SHSShop ada yang dikelola oleh PT.SHS sendiri (SHSShop Mandiri) atau dikelola oleh mitra (SHSShop Kerjasama).

4. Pasar Komunitas, adalah pasar yang terdiri dari kelompok petani yang melaksanakan program yang sama dan pelaksanaan pembayarannya dapat secara tunai, bergaransi atau yarnen, baik dengan natura atau uang.

c.     Pasar Perusahaan, adalah sasaran pasar pada penjualan ke perusahaan/badan hukum dalam jumlah, harga dan waktu tertentu, baik sebagai bahan jadi (produk berkantong/produk jadi) atau setengah jadi (GKP/GKG/Precursor/Bahan Baku/Calon Benih (GKP/BB))

instagram